PENGOPERASIAN JARINGAN KOMPUTER

Pengertian dan Manfaat Sharing Device

Sharing Device adalah proses pemakaian bersama periperal komputer dalam sebuah jaringan. Sharing Device juga bisa disebut metode yang memanfaatkan peralatan pada suatu komputer oleh komputer lain. Jika diartikan secara bahasa, maka sharing berarti berbagi dan device berarti alat. Sehingga sharing device juga dapat diartikan sebagai berbagai peralatan (sumber daya) dan data (informasi) dalam bentuk file, gambar, video, audio, printer dan sebagainya.

Manfaat Sharing Device Sharing device memiliki beberapa manfaat atau keuntungan antara lain : Menghemat waktu, tenaga dan biaya Dapat mengirim file dari satu computer secara langsung ke komputer lain dalam satu jaringan Satu device (contoh: printer) dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam satu jaringan

pengertian dan manfaat sharing device

Protokol sharing device
Protol TCP/IP merupakan protokol default yang dipilih oleh Ms.windows. untuk sharing device juga digunakan protokol TCP/IP dengan setting komponen tertentu.

Komputer yang bertindak sebagai server printer itu sebelumnya harus dilakukan pengaturan konfigurasi printer yang memungkinkan pengaksesan printer tersebut oleh anggota jaringan lain. Sebuah file atau folder (hard disk) juga dapat dishare agar dapat diakses oleh seluruh anggota jaringan,begitu pula drive (disk drive ataupun CD ROM). Seperti telah diulas sebelumnya, pemakaian bersama periferal ini dapat menghemat waktu, tenaga, biaya, dan sumber daya. Kita tidak perlu mendatangi komputer yang tersambung dengan printer untuk mencetak dokumen dikomputer kita (hemat waktu dan tenaga), pencetakan dapat kita lakukan melalui komputer kita dengan mengakses printer dikomputer lain tempat printer terpasang. Kita juga tidak perlu meng-copy file di komputer lain ke dalam disket ataupun CD untuk di-copy ke komputer kita (hemat biaya), prng-copy-an dapat dilakukan melalui shared folder. Untuk file-file yang dipakai bersama, tiap anggota jaringan tak perlu meng-copy ke masing-masing komputer, cukup salah satu anggota jaringan meletakkannya dalam shared folder (hemat kapasitas hard disk).

a. sharing folder

Cara ini sangat praktis untuk mengirimkan berkas atau dokumen dan prosesnya sangat cepat. Berikut langkah-lakngkah sharing file atau folder pada windows 7
Syarat untuk berbagi dokumen (Sharing file) :
1. Koneksi jaringan antar komputer
2. Aktivasi Permission Share
3. Gunakan Password jika ingin lebih aman dalam membagikan berkas atau dokumen (option)
1

 

2

3.png

4.png

5.png

 

b.Sharing Hard disk
Proses sharing hard disk di jaringan hampir sama dengan proses sharing folder. Untuk melakukan sharing hard disk, lakukan langkah-langkah berikut:
1. Pada jendela windows explorer, klik kanan ikon drive hard disk yang akan di-share lalu klik properties.
2. Pilih tab sharing pada jendela properties tersebut. Karena drive C merupakan root atau drive utama pada computer, maka pada tab ini muncul peringatan bahaya yang bisa terjadi jika root di share dalam jaringan. Klik kalimat peringatan tersebut jika ingin meneruskan proses sharing.
3. Masih dalam tab sharing, pilih kotak share this folder on the network dan ketikkan nama drive share-nya sesuai keinginan. Drive Hard disk pada jaringan dikenali sebagai folder.
4. Pilih juga Allow network user to changes my files sehingga pengguna lain dalam jaringan bisa mengoppikan file-file ke dalam hard disk yang di-share tadi. Jika tidak, pengguna lain hanya dapat mengambil data dari hard disk tersebut dan tidak bisa mengopikan data kedalamnya.
6. Jika proses sharing hard disk sukses, maka ikon drive C akan ditambah dengan gambar tangan yang menunjukkan bahwa drive tersebut telah di-share dalam jaringan.

c.Sharing CD-ROM Drive
Untuk melakukan sharing CD-ROM drive, lakukan langkah-langkah berikut : 1. Klik Start, kemudian masuk ke My Computer

11.PNG

2. Klik kanan pada CD-ROM yang akan di share, kemudian klik Share and Security

22.PNG

3. Klik tulisan If you ……..

33

4. Centang “Share this folder on the network”. Kemudian beri nama pada “Share name”

44.PNG

5. Jika berhasil, maka akan muncul icon tangan pada sisi icon yang dishare

 

d.Sharing Printer
1. Buka Start > Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change advance sharing setting (ada disebelah kiri). Kemudian pilih option “Turn on network discovery”, “Turn on file and printer sharing” dan “Turn off password protected sharing”
2. Buka Start > Device and Printers
3. Klik kanan pada printer yang akan di share
4. Pilih “Printer Properties”
5. Pilih tab “Sharing” dan Centang pada opsi “Share this printer”

a

6. Masih pada tab Sharing, Klik “Additionel drivers”, agar printer share bisa diakses oleh sistem operasi berbeda (missal Windows XP), maka Centang x64 dan x86

b

 

 

 

 

Tinggalkan komentar